Thursday, September 18, 2014

Penipuan Belanja Online Di Kaskus, Sulit Dilakukan

Penipuan Belanja Online Di Kaskus

Diperlukan tips sederhana untuk menghindari penipuan belanja online di Kaskus. Pasalnya, forum jual beli didirikan sejak 6 November 1999 ini sudah dilengkapi dengan banyak fitur pengaman. Sehingga kemungkinan terjadi penipuan belanja online di Forum Jual Beli Kaskus dapat ditekan sekecil mungkin. Didisain sebagai situs untuk forum jual beli, keamanan di Kaskus jauh lebih terjamin dibandingkan media sosial.

Dalam perkembangannya, pada tahun 2009 keberadaan Kaskus diakui menjadi salah satu situs penting di ranah online Indonesia dengan memperoleh penghargaan “The Best Innovation in Marketing” dan “The Best Market Driving Company” oleh Marketing Magazine, dan “The Greatest Brand of the Decade” (2009-2010) oleh Mark Plus Inc. Menurut Alexa, Kaskus menempati peringkat I untuk kategori situs komunitas, dan sekaligus menjadi situs lokal nomor 1 di Indonesia.

Produk yang dijualbelikan di Kaskus juga cukup beragam, tidak berbeda dengan situs jualbeli yang cukup dikenal di dunia internet. Meskipun demikian, untuk konsumen yang ingin meluaskan area pencarian produk sebagai perbandingan, perlu diingatkan untuk memanfaatkan secara optimal fasilitas keamanan yang disediakan Kaskus.

Sebagai sebuah forum, meskipun bukan forum khusus seperti ads-id yang terbatas beranggotakan para pelaku bisnis online, anggota Kaskus lebih memiliki kedekatan emosional. Hal ini secara psikologis juga menumbuhkan rasa memiliki terhadap wadah mereka. Penjual di Kaskus mungkin juga pembeli dari barang yang dijual oleh anggota lainnya.

Fitur yang terkait dengan tingkat kepercayaan seorang penjual dapat dicek melalui Reputasi Seller, semakin lama dan sering anggota berjualan di Kaskus, maka logikanya dia bisa dipercaya. Jika melakukan penpiuan atau menjual barang yang tak sesuai dengan penawarannya, setidaknya dia tidak bisa eksis lagi di Kaskus.

Jika konsumen masih ragu, bisa dibaca testimoni para pembeli - sekaligus dimaksudkan sebagai rekomendasi untuk mendapat gambaran tentang pelayanan dan produk yang ditawarkan oleh penjual. Untuk memperoleh penjelasan yang lebih lengkap, calon pembeli bisa masuk ke komunitas dan menanyakan kepada pembeli terdahulu tentang kredibilitas penjual.

Untuk meningkatkan keamanan para pembeli, Kaskus menyediakan sistem pembayaran online resmi dari PT. Darta Media Indonesia yang disebut KasPay. Seluruh proses transaksi KasPay dilakukan melalui transfer (top up) dan kode PIN sehingga aman dari modus penipuan atau penyalahgunaan akun. Setiap transaksi akan dikonfirmasi melalui e-mail dan setiap transaksi tercatat secara komprehensif.

Untuk membuat akun KasPay tidak dipungut biaya, cukup dengan melakukan registrasi, isikan saldo, lalu pilih produk yang akan dibeli dan lakukan pembayaran menggunakan KasPay. Dengan memanfaatkan semua fasilitas keamanan tersebut secara optimal, nyaris tak terdapat celah untuk menjadi korban penipuan di Forum Jual Beli Kaskus.

Tetapi masalahnya dikembalikan kepada para calon pembeli sendiri, apakah bersedia menggunakan fasilitas pengamanan yang ada atau mengabaikannya.

3 comments:

  1. memang keren nih kaskus.. tak hanya forum namun menyediakan fasilitas FJB ;D

    ReplyDelete
  2. Wah berarti masih ada harapan untuk para yang senang berbelanja baju secara online, masih bisa bernafas lega karna masih ada tempat yang bisa dijadikan referensi seperti kaskus, saya yakin sebenarnya masih banyak tempat belanja online lainnya, namun sepertinya belum terekspose saja.

    ReplyDelete
  3. Keren apaan banyak penipuannya. dan apa bisa kaskus menjamin uang yang ditransfer bisa kembali bila penjualnya kabur. bagi saya kaskun situs khusus untuk para penipu.

    ReplyDelete