Saturday, September 20, 2014

Belanja Online Indonesia Didominasi Wanita

Belanja Online Indonesia Didominasi Wanita

Belanja Online Indonesia akan booming tetapi didominasi oleh wanita, paling tidak itulah prediksi terhadap perkembangan dunia online di Indonesia di tahun-tahun mendatang jika didasarkan pada laporan Nielsen Global Survey of Consumer Confidence and Spending. Data dalam laporan tersebut menyatakan bahwa dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya, keinginan konsumen Indonesia untuk menabung mengalami penurunan dalam pada kuartal ke II tahun 2014. Tetapi, keinginan untuk belanja masih tetap tinggi.

Survei tersebut juga menyimpulkan bahwa di wilayah pasar Asia Pasifik konsumen Indonesia paling banyak melakukan belanja online melalui telepon seluler. Kenyataan itu juga memberikan gambaran bahwa gaya hidup online semakin disukai oleh masyarakat Indonesia seiring tumbuhnya industri e-commerce

Sementara Malaysia tercatat sebagai konsumen dengan anggaran tertinggi untuk membeli hadiah melalui belanja online. Konsumen Indonesia berada di bawah Malaysia yang menghabiskan 22 persen dari seluruh anggarannya untuk melakukan pembelian secara online. Jumlah dana yang dihabiskan sekitar Rp420 ribu untuk memneli sekitar 5 item produk sebagai hadiah untuk keluarga dan teman-teman.

Survei juga menyimpulkan bahwa 51% responden telah menyiapkan dana membeli hadiah sekurangnya 1-2 bulan sebelumnya. Selain itu, sebanyak 13% responden Indonesia yang memilih untuk membeli sesuatu yang praktis sebagai hadiah dimana mereka empat kali lebih mungkin untuk berbelanja kado yang unik sebagai hadiah pilihan musim liburan ini.

Mayoritas pengguna e-commerce di Indonesia ternyata kaum perempuan, mereka paling banyak membelanjakan uang untuk produk fashion. Fakta tersebut juga ditunjukkan oleh riset terakhir Idea atau Asosiasi E-Commerce Indonesia yang menyebutkan bahwa 78% responden melakukan belanja fashion di laman e-commerce.

Berdasarkan survei yang sama disimpulkan bahwa sebanyak 80% warga Indonesia sering mencari informasi soal produk secara online, sebelum membeli di toko konvensional. Angkanya jauh lebih tinggi ketimbang rata-rata global yang sebesar 60%. Dengan persentase serupa, calon pembeli membaca ulasan produk secara online, sebelum membeli langsung di toko fisik. Lebih dari dua pertiga konsumen Indonesia mengatakan bahwa belanja online merupakan kegiatan yang menyenangkan.

Aktivitas mobile merupakan tren yang menguat di sebagian besar Asia Tenggara. Indonesia, Filipina, Vietnam, dan Thailand masuk dalam peringkat 10 besar negara yang menggunakan telepon genggam untuk berbelanja online. Karena itu, Matthew Driver, presiden MasterCard untuk Asia Tenggara mengatakan bahwa Indonesia mewakili salah satu peluang pertumbuhan terbesar e-commerce di Asia-Pasifik.

Menurut Driver, keberhasilan industri e-commerce membutuhkan penguatan infrastruktur serta perluasan kepercayaan dalam sistem pembayaran. “Sejumlah besar konsumen Indonesia memilih untuk membayar belanja secara tunai dalam transaksi online. Dengan begitu, mereka yakin barang yang datang sesuai pesanan,” katanya.

4 comments:

  1. Trimss..
    Tipsnya sangat menbantu sekali.. tapi kalau mau belanja kaos kaki wanita di mana ya..
    mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
  2. Mohon ijin share artikel ini yach baik di blog maupun di fesbuk saya karena sangat bermanfaat bagi saya. Terima Kasih Admin

    Pembicara Wanita Riyana Ratu BB

    ReplyDelete
  3. Artikel ini sangat bermanfaat bagi kami. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete