Friday, September 5, 2014

Tips Belanja Online Di TokoBagus, Sekarang OLX

Tips Belanja Online Di Toko Bagus

Tips untuk belanja online di Toko Bagus sama persis dengan OLX. Pasalnya, OLX.co.id adalah nama dan alamat baru dari tokobagus.com yang merupakan situs online classified terbesar di Indonesia. Tetapi karena nama Toko Bagus sudah terlanjur melekat dalam ingatan para pengguna internet, mereka masih merasa akrab untuk menyebut nama Toko Bagus ketika melakukan jual beli secara online.

Alasan perubahan nama yang diumumkan secara resmi pada 20 Mei 2014 itu disebabkan bergabungnya tokobagus.com dengan OLX, sebuah jaringan e-commerce imternasional di 106 negara yang menggunakan lebih dari 40 bahasa. Dengan demikian maka Toko Bagus atau OLX Indonesia kini lebih populer dengan nama OLX.co.id menjadi salah satu dari jaringan e-commerce tersebut.

Meskipun demikian, tidak ada perubahan layanan untuk para pengguna OLX. Cara untuk memasang iklan masih sama dan gratis seperti di Toko Bagus. Begitu pula username dan password pengguna yang lama masih tetap dapat digunakan seperti biasanya.

Sebagai situs jual beli yang hadir sejak tahun 2005, tokobagus.com sudah menapaki waktu yang cukup lama di dunia internet sehingga bisa berkembang sampai nama Toko Bagus ditanggalkan dan digantikan dengan OLX. Di saat itu situs ini sudah memiliki rata-rata 100.000 pengunjung setiap hari.

Meskipun sudah memberikan fasilitas yang telah menguntungkan pengguna internet yang melakukan jual beli melalui internet, tetapi seperti yang dialami oleh kebanyakan situs penyedia lapak jual beli, Toko Bagus tak luput dari masalah pengguna yang hanya berniat melakukan penipuan. 

Para penjual yang menipu tersebut memiliki modus operandi yang hampir sama, yakni menawarkan barang dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan harga pasar. Mereka pada umumnya minta pembayaran ditransfer melalui bank dengan janji akan mengirimkan barang begitu uang diterima. Hal yang sama juga sering dilakukan oleh penipu yang menawarkan barang melalui media sosial Facebook.

Pembeli yang biasanya terlanjur tertarik untuk mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga murah, tanpa berpikir panjang langsung mentransfer uang senilai harga barang. Saat-saat terakhir selalu ada komunikasi antara pembeli dan penjual, tetapi semata-mata hanya karena penjual ingin memastikan apakah pembeli sudah mentranfer uang ke rekeningnya.

Sampai beberapa hari kemudian, barang yang dibeli tak pernah terkirim. Sementara si penjual tidak bisa dihubungi dan lapaknya pun ditutup. Peristiwa seperti ini seharusnya tak perlu menimpa para pembeli yang mencari barang di situs tokobagus.com atau yang sekarang telah berganti nama menjadi OLX.co.id

Situs ini sudah menyediakan fitur peta lokasi untuk memudahkan pembeli mencari barang yang ditawarkan oleh penjual dengan lokasi yang berdekatan. Sehingga jika terjadi kesepakatan harga, maka transaksi bisa dilakukan secara offline. Barang yang disepakati bisa dikirim penjual dan pembayaran dilakukan setelah barang diterima oleh pembeli. Proses jual beli seperti ini di internet diistilahkan sebagai COD atau Cash On Delivery.

Dengan cara ini tidak akan mungkin terjadi penipuan, karena antara penjual dan pembeli akan terjadi interaksi secara langsung. Andaikata kualitas barang tidak sesuai seperti yang ditawarkan penjual, pembeli bisa menolak atau melakukan negoisasi ulang saat mereka bertemu langsung.

Seringnya terjadi penipuan apabila pembeli berniat membeli barang yang ditawarkan oleh penjual berdomisili di kota atau propinsi yang berbeda. Jika terjadi kesepakatan harga, selanjutnya tidak mungkin penjual akan mengirim barang lebih dulu dan pembeli akan mentransfer uang belakangan. Maka disinilah peluang yang memungkinkan terjadinya penipuan.

Tips belanja online yang diberikan oleh Toko Bagus (sekarang OLX) untuk membeli barang yang ditawarkan penjual dari kota lain diuraikan secara rinci dan nyaris menutup semua kemungkinan yang berpotensi menimbulkan terjadinya kasus penipuan melalui situs tersebut.

Untuk membeli produk dari penjual yang berada di luar kota, disarankan untuk minta bantuan kepada keluarga atau teman yang tinggal di kota tersebut agar mengecek produk yang akan dibeli di alamat penjual dan sekaligus memastikan keberadaan penjualnya. Apabila tips ini dijalankan dengan konsisten, bisa dijamin tak mungkin terjadi penipuan terhadap pembeli.

Jika penjual meminta pembayaran dilakukan dengan mentransfer uang ke rekening banknya, disarankan untuk melakukan pengecekan dokumen penjual terlebih dahulu seperti fotocopy KTP, SIM dan nomor rekening penjual. Apakah ketiga dokumen tersebut memiliki nama yang sama atau tidak, asli atau terdapat tanda-tanda yang mencurigakan. Apakah diantara dokumen tersebut ada yang meragukan atau tidak.

Tidak hanya sebatas itu, disarankan juga untuk melakukan pengecekan terhadap account social media si penjual, sudah berapa lama penjual memiliki account tersebut, berapa banyak teman/koneksi yang sudah dimiliki dan informasi-informasi lain yang bisa meyakinkan.

Semua tips tersebut disampaikan secara rinci dan jelas demi keamanan pembeli. Tetapi masalahnya terletak pada pembeli sendiri yang tidak mungkin bersedia untuk melakukan proses pengecekan yang akan dianggapnya terlalu panjang dan bertele-tele tersebut. Sehingga akhirnya si pembeli sendiri yang membuka celah kemungkinan untuk menjadi korban penipuan.


7 comments:

  1. SEBENARNYA JIKA TDK MAU TERTIPU ADA 2 TIP :
    1. COD , CARI BARANG YG DEKAT LOKASI, LIHAT, TEST DAN BAYAR

    2. UNTUK KIRIM-KIRIM GUNAKAN FASILITAS REKBER YANG HANDAL, REKENING BERSAMA, CONTOH DI KASKUS SEPERTI BLACKPANDA, ATAU DI BUKALAPAK ATAU TOKOPEDIA, JAMIN AMAN

    ReplyDelete
  2. Kami kembali hadir pada anda, kami telah berbenah diri, kunjungilah situs jual beli terbaru kami tokoterbagus.com, cara tepat jual cepat. sarana pasang iklan gratis di indonesia

    ReplyDelete
  3. Kami kembali hadir pada anda, kami telah berbenah diri, kunjungilah situs jual beli terbaru kami tokoterbagus.com, cara tepat jual cepat. sarana pasang iklan gratis di indonesia

    ReplyDelete
  4. JANGAN TULIS ARTIKEL DARI SISI PEMBELI TRUS!!! JUSTRU SKRG BANYAK PEMBELI YANG BAWA LARI BARANG PENJUAL...

    SAYA PENJUAL YANG KAPOK COD KARENA BARANG DI BAWA LARI SAAT COD!!!

    SAYA RUGI 13 JUTA!! KAPOK COD DENGAN PEMBELI YANG BERULAH... KLU MAU COD BELI BARANG SAJA DI TOKO RESMI..

    TOLONG TULIS ARTIKEL DARI PIHAK PENJUAL AGAR TIDAK KENA TIPU...

    ReplyDelete