Wednesday, September 17, 2014

Tips Belanja Online dengan Kartu Kredit

Tips Belanja Online dengan Kartu Kredit

Belanja online dengan menggunakan kartu kredit bisa lebih menyenangkan dibandingkan harus melakukan transfer bank melalui ATM, karena dengan uang tunai terbatas Anda bisa segera memiliki barang yang harganya lebih mahal. Meskipun pada akhirnya harus membayar ke bank plus bunga, setelah gajian pada akhir bulan nanti.

Sedangkan tanpa kartu kredit jika saldo tidak mencukupi maka transaksi akan tertunda sampai Anda memiliki cukup uang tunai untuk ditransfer ke rekening penjual barang. Apa yang diberikan oleh kartu kredit sebenarnya bukan suatu kemudahan, karena meskipun bank “menalangi” belanja Anda, pada akhirnya akan mengutip bunga yang beranak pinak.

Hanya mereka yang bisa menggunakan kartu kredit secara bijak akan bisa memperoleh manfaat optimal dari kartu kredit. Sebaliknya, mereka yang tidak bisa mengendalikan nafsu belanja akan langsung menggunakan kartu kredit lagi begitu selesai membayar tagihan ke bank. Sehingga ada akhirnya gaji yang seharusnya diterima pada akhir bulan sudah habis di awal bulan.

Tips ini tidak membicarakan bagaimana kebijakan Anda dalam menggunakan kartu kredit, tetapi bagaimana Anda harus menggunakan kartu kredit ketika melakukan transaksi dalam belanja online agar terhindar dari kemungkinan penipuan dan pencurian password. Ringkasnya adalah sebagai berikut :

Pastikan toko online
Cermati dulu apakah toko online tempat Anda berbelanja tersebut mempunyai track record yang baik. Carilah informasi dengan mengetikkan nama toko tersebut pada kotak pencarian Google, akan banyak informasi yang muncul terkait dengan nama tersebut yang bisa Anda baca dan digunakan sebagai pertimbangan.

Jika tempat berbelanja Anda hanya menjadi kedok penipuan, maka bukan saja Anda akan kehilangan uang, tetapi hal yang lebih parah adalah dicurinya password Anda dan digunakannya kartu kredit Anda habis-habisan sampai batas limit terakhir. Walhasil, tanggung jawab pembayarannya menjadi tanggungan dan beban Anda.

Gunakan PC/Laptop pribadi
Lakukan pembayaran dengan kartu kredit menggunakan PC atau laptop pribadi Anda. Hal ini sudah sangat mengurangi resiko kemungkinan pencurian data-data bank Anda. Sebelum melakukan transaksi, pastikan antivirus atau antispyware Anda sudah terupdate dan benar-benar berfungsi. Penjahat cyber biasanya mencuri data melalui spyware yang mereka kirim ke komputer yang sering melakukan transaksi melalui kartu kredit.

Catat data transaksi
Setiap kali melakukan transaksi dengan menggunakan kartu kredit, jangan lupa untuk mencatat nomor transaksi, besarnya jumlah transaksi serta nomor rekening tujuan, agar bisa digunakan untuk konfirmasi jika sewaktu-waktu diperlukan atau meminta bank membatalkan transaksi bila terdapat hal-hal yang mencurigakan Anda.

Selalu Logout
Setiap kali selesai melakukan transaksi dengan kartu kredit, jangan lupa menutup akun melalui prosedur Log Out. Lebih aman jika Anda menghapus cache dan cookies hanya pada hari di saat melakukan transaksi tersebut. Pada prinsipnya jangan meninggalkan jejak transaksi pada PC/Laptop Anda untuk menghindari kemungkinan disusupi spyware yang kemudian melacak dan merekam data-data perbankan Anda.

Pada dasarnya keamanan dalam belanja online dengan menggunakan kartu kredit tergantung pada dua sisi, bagaimana sikap Anda dalam memanfaatkan kartu kredit dan secara teknis bagaimana cara Anda menggunakannya ketika melakukan transaksi dalam belanja online.


3 comments:

  1. Harus berhati-hati nih saat belanja online menggunakan kartu kredit, takutnya nguras kantong.. maksih bnyk infonya :D

    ReplyDelete
  2. belanja itu asyik, kegiatan favorit

    ReplyDelete
  3. Terimakasih untuk informasinya, memang saat ini belanja online dengan kartu kredit banyak digemari, dan semoga tips ini bisa bermanfaat bagi semua orang yang membacanya

    ReplyDelete